Unhas Siap Uji Lab Corona, Gubernur Sulsel Minta Kemenkes Beri Izin

Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah memastikan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (Unhas) dan RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo sudah bisa mengecek sendiri virus Corona (COVID-19). Nurdin meminta Kementerian Kesehatan memberi izin kepada Unhas untuk mengecek sendiri warga suspect Corona.

“Unhas dan Rumah Sakit Wahidin itu sudah siap untuk pengecekan (Corona), jadi tidak perlu lagi kita kirim ke (Litbangkes) Jakarta,” ujar Nurdin di Makassar, Rabu (18/3/2020).

Nurdin menyebut infrastruktur laboratorium RS Unhas dan RS Wahidin telah memadai untuk mengecek sendiri warga yang diduga suspect Corona. Selain infrastruktur, sumber daya manusia di Unhas telah mumpuni untuk melakukan pengecekan.

“Tapi satu hal, kita minta legitimate dari Kementerian Kesehatan. Kalau beliau mengizinkan, kita sudah mampu, jadi nggak perlu lagi semuanya dikirim ke Jakarta. Rumah Sakit Unhas dan Rumah Sakit Wahidin dua-duanya dikelola Unhas, dan itu orang-orang teruji semua,” katanya.

Nurdin menyebut saat ini warga yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP) sampelnya harus dikirim terlebih dahulu ke Litbangkes Kemenkes di Jakarta untuk diuji positif Corona atau tidak. Sementara itu, waktu tunggu hasil lab Litbangkes Kemenkes lama.

“Coba bayangkan, ada empat sampel kita kirim (Litbangkes Kemenkes) sudah hari kelima belum ada jawaban, ini kan membuat masyarakat kita jadi stres. Nah, kalau kita bisa mengecek sendiri, itu hitungan jam saja selesai,” jelasnya.

Nurdin juga menegaskan Pemprov Sulsel akan segera menambah peralatan di laboratorium Unhas. Hal ini agar Unhas bisa menjadi rujukan pengujian Corona di wilayah timur Indonesia.

“Untuk wilayah timur (Indonesia), Sulsel sudah bisa (cek sendiri), tinggal kita menunggu keputusan dari Kementerian Kesehatan,” tuturnya.

Kadis Kesehatan Pemprov Sulsel Ichan Mustari telah diminta menghadap ke Menteri Kesehatan untuk meminta izin agar Unhas dibolehkan mengecek sendiri virus Corona.

“Kita ada (alat dan kemampuan), cuma belum ada izin dari Kementerian Kesehatan, sementara (daerah) yang sudah dikasih, Unair sudah, Sulsel masa nggak dikasih, ini kan di timur kita,” ujarnya.

Sumber: Detik.com

Unhas Siap Uji Lab Corona, Gubernur Sulsel Minta Kemenkes Beri Izin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas